PERANAN KOPERASI
PERANAN
KOPERASI
Menurut
Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki
fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan
ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan
manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional,
serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran
koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat
ini sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang
pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja peranan yang dilakukan
koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada
dalam masyarakat.
Peranan koperasi dalam perekonomian Indonesia
adalah :
1.
Alat pendemokrasi ekonomi
2.
Alat perjuangan ekonomi untuk
mempertinggi kesejahteraan rakyat
3.
Membantu pemerintah dalam
mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak
4.
Sebagai soko guru perekonomian
nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi nasional)
5.
Membantu pemerintah dalam
meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan menjalankan
prinsip-prinsip koperasi Indonesia
Peran Koperasi diberbagai Keadaan
Persaingan
1. Di Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
:
- Adanya penjual dan pembeli yang
sangat
banyak
. Produk yang dijual perusahaan
adalah
sejenis (homogen)
. Perusahaan bebas untuk mesuk dan
keluar
. Para pembeli dan penjual memiliki
informasi
yang sempurna
2.Di Pasar Monopolistik
-Banyak pejual atau pengusaha dari
suatu produk yang beragam
. Produk yang dihasilkan tidak
homogen
. Ada produk substitusinya
. Keluar atau masuk ke industri
relatif mudah
. berbeda-beda sesuai dengan
keinginan penjualnya
3.Di Pasar Monopsoni yaitu disini
ada penjual banyak tetapi hanya ada satu
Pembeli.
4.Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang harga,
perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan
cara melakukan kegiatan advertensi,
membedakan mutu dan bentuk produk.
• Penawaran Harga yang bersifat
Predator
• Price Leadership
Sumber:
Komentar
Posting Komentar